Pages

 

Thursday 3 November 2016

TEORI DESIBEL (dB)

0 comments
        Hallo,udah waktunya post lagi :), walaupun lambat asal selamat. Kali ini gw akan membahas mengenai teori dB dan dBm. Langsung saja pada penjelasan dibawah ini.


  1. dB (Desibel)

Suatu unit logaritma yang diganakan untuk mendeskripsikan suatu  rasio. Dimana rasio tersebut       merupakan ; daya, tekanan, tekanan suara, voltase, dan intensitas. Perumusan rasio dalam desibel secara ringkas dapat ditulis :

Misalkan contoh soal sebagai berikut :
                  1.   Diketahui daya output suatu benda adalah 20 Watt dan daya inputnya 5 watt,                                       Hitunglah berapa desibel besar rasio yang terjadi ?
                2. Diketahui besar rasio pada suatu benda adalah 6dB, berapakah perbandingan daya output                     dan input benda tersebut?

Sebebenarnya rasio itu adalah suatu perbandingan antata suatu besaran, baik itu daya,volume,dll. Sehingga besaran rasio itu merupakan satu satuan dan dapat dilihat hubungkan dalam satuan desibel. Hubungan itu dapat diihat pada tabel dibawah ini.

Dalam desibel terdapat juga beberapa teorema yang membantu kita dalam memudahkan persoalan yang ada dalam menyelesaikan kasus perhitungan desibel.\

A. Teorema I
     " Perkalian di rasio samadengan penjumlahan pada desibel."


B. Teorema II
      " Pembagian pada rasio samadengan pengurangan pada desibel."

   2. Daya dalam desibel
        
Daya dalam desibel dapat dirumuskan seperti gambar dibawah ini.


Misalkan pada contoh soal dibawah ini :

 Diketahui besar daya suatu benda adalah 50 Watt, maka tentuknlah besar daya dalam satuan dBW dan dBm?


Dari pembahasan diatas juga dapat kita lihat hubungan antara P(dBm) dengan P(dBW) yakni debagai berikut.


=============================================================================
 Catatan Editor :
            Okeh, sekian materi dari editor semoga berguna bagi teman-teman semua dan jangan lupa share postingan ini keteman kalian. Tinggalkan Komentar pada kolom dibawah jika ada yang perlu ditanyakan. 
            Untuk meambahkan emoji pada kolom komentar dapat mengetik "emot0, emot1, dll" tanpa tanda kutip. Untuk mengetahui jenis emot yang dipakai, tinggal arahkan kursor ke tepat list emoji diatas kolom komentar.  Terimakasih~



0 comments:

Post a Comment

emot0 emot1 emot2 emot3 emot4 emot5 emot6 emot7 emot8 emot9 emota0 emota1 emota2 emota3 emota4 emota5 emota6 emota7 emota8 emota9 emotb0 emotb1 emotb2 emotb3 emotb4 emotb5 emotb6 emotb7 emotb8 emotb9 emotc0 emotc1 emotc2 emotc3 emotc4 emotc5 emotc6 emotc7 emotc8 emotc9 emotd0 emotd1 emotd2 emotd3 emotd4 emotd5