Pages

 

Monday 20 June 2016

MENGAPA BUMI BISA BERPUTAR?

0 comments


Hallo sahabat SIPUT sudah ganti cangkang berapa kali?.Kali ini gue akan membahas kenapa bumi kita ini bisa terus berputar dan apa yang akan terjadi bila bumi kita ini berhenti berputar?.

Bumi merupakan sebuah planet yang menempati urutan ketiga dari sistem tata surya kita,disinilah tempat hidup dari semua makhluk hidup baik dari makhluk kasat mata sampai tidak kasat mata. Di atas sebuah bola raksasa inilah kita bisa menikmati hari-hari bersama keluarga serta teman-teman. Tapi pernahkah kalian berpikir mengapa bumi kita ini bisa berputar secara terus menerus? atau pernahkan sebuah ertanyya singgah diotak kalian "apa yang terjadi bila bumi kita ini berhenti berputar?".

Sebenarnya faktor yang benar-benar tepat yang menyebabkan bumi itu berputar masih menjadi teka-teki yang sulit dipecahkan,bahkan sampai membuat para ilmuan turut memutar balik otak mereka untu memecahkan masalah ini. Tetapi ada beberapa hal dan teori yang dapat membantu dalam penyelesaian kasus ini sehingga kita dapat meraba-raba kenapa bumi kita ini bisa berotasi.

Setiap benda yang berputar pasti cenderung mempertahankan putarannya,agar bisa berputar secara terus menerus,misalnya ketika kita memainkan gasing. Gasing yang kita putar cenderung mempertahankan putarannya secara terus menerus,tetapi karena ada gaya penghambat (gaya gesek dengan lantai,udara,dll) dari luar yang mengakibatkan gasing tersebut bisa berhenti. Tetapi berbeda halnya dengan bumi yang dapat berputar secara terus menerus karena tidak ada gaya penghambat dari luar yang memiliki kekuatan/kontribusi besar sehingga dapat mempengaruhi putarannya serta perlu kita ingat juga ruang angkasa tempat bumi berputar merupakan ruang hampa sehingga tidak ada gesekan antara sistem dengan lingkungan.

Untuk memahami gerak perputaran suatu benda kita perlu mengingat kembali pelajaran fisika dahulu mengenai momentum khususnya bagian momentum sudut dan momentum linier. Dalam sistem gerak lurus tanpa hambatan jika suatu benda mengalami pergerakan baik itu secara linear ataupun berotasi maka benda itu akan terus bergerak terkecuali mendapatkan gaya dari luar,ini merupakan definisi dari prinsip kekekalan momentum.

Formula diatas merupakan rumus momentum sudut yang merupakan sumber dari perhitungan dari sebuah rotasi. Karena dalam formula diatas dapat dikatakan momentum sudut berbanding lurus dengan kecepatan sudut dimana kecepatan sudut berbanding terbalik dengan radius/jari-jari sehingga dapat disimpullkan "jika kecepatan sudut suatu benda meningkat maka momentum sudutnya juga meningkat".Nah,rumus serta teori diatas kita dapat memahami mengapa bumi bisa berputar secara terus menerus,tetapi jangan diangga kecepatan yang dialami bumi selalu konstan. Kecepatan putaran yang dialami bumi dapat mengalami perlambatan atau percepatan dalam beberapa milidetik tergantung dari perubahan kondisi atmosfer bumi serta pengaruh gaya dari dalam bumi itu sendiri. Tetapi tidak serta merta gaya dari dalam serta kondisi atmosfer bumi dapat menghentikan bumi secara seketika. 

Adapun dampak dari rotasi bumi adalah sebagai berikut :
- Terjadinya gerak semu harian matahari
- Peristiwa siang dan malam
- Pembedaan pembagian waktu internasional
- Pembelokan angin
- dll.

Lalu apa yang akan terjadi jika bumi kita ini berhenti berputar?. Dapat diprediksi ada dua kemungkinan yang akan terjadi bila bumi berhenti berputar. Pertama bumi akan ditelan matahari ketika matahari melakukan revolusi. Kedua masalah yang akan dialami adalah pergantian antara siang dan malam tidak akan pernah terjadi sehingga dapat dikatakan waktu di bumi juga berhenti,kita akan merasakan kepanasan atau kedinginan sepanjang tahun sehingga menyebabkan kematian secara menyeluruh.

Okelah,sekian dulu pembahasan dari gue semoga tulisan gue kali ini bermanfaat untuk kalian semua.
pesan akhir dari gue, jagalah bumi kita ini mulai dari diri kita sendiri seperti dengan melakukan hal-hal yang kecil seperti tidak membuang sampah sembarangan,dengan begitu keindahan yang terdapat dari alam bumi kita ini dapat dilihat oleh anak cucu kita nantinya.

=============================================================================
 Catatan Editor :
            Okeh, sekian materi dari editor semoga berguna bagi teman-teman semua dan jangan lupa share postingan ini keteman kalian. Tinggalkan Komentar pada kolom dibawah jika ada yang perlu ditanyakan. 
            Untuk meambahkan emoji pada kolom komentar dapat mengetik "emot0, emot1, dll" tanpa tanda kutip. Untuk mengetahui jenis emot yang dipakai, tinggal arahkan kursor ke tepat list emoji diatas kolom komentar.  Terimakasih~







0 comments:

Post a Comment

emot0 emot1 emot2 emot3 emot4 emot5 emot6 emot7 emot8 emot9 emota0 emota1 emota2 emota3 emota4 emota5 emota6 emota7 emota8 emota9 emotb0 emotb1 emotb2 emotb3 emotb4 emotb5 emotb6 emotb7 emotb8 emotb9 emotc0 emotc1 emotc2 emotc3 emotc4 emotc5 emotc6 emotc7 emotc8 emotc9 emotd0 emotd1 emotd2 emotd3 emotd4 emotd5