Pages

 

Friday 17 June 2016

WARNA SINAR MATAHARI

2 comments
Image result for Matahari
Hallo sobat SIPUT ada yang masih ingat gambar diatas? cieee anak '90an!!.Oke tanpa basa-basi lagi gue langsung masuk ke topik matahari. Matahari merupakan bintang terbesar di pusat tata surya kita.Bentuknya bulat yang terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet.

Pernahah kalian berpikir apasih warna sinar matahari sebenarnya?kuning?putih?orange? atau merah?.Sebenarnya sinar matahari berwarna putih yang merupakan warna polikromatik artinya tersusun atas berbagai warna sehingga tampak sebagai warna putih.Alasan kita sering melihat warna matahari kuning pada siang hari karena atmosfer kita menyebarkan sinardari matahari sehingga warna dari sinar matahari yang sebenarnya berwarna putih akan terlihat berwarnya kekuningan.hal ini merupakan efek dari polarisasi hamburan.

Awalnya sinar matahari yang tidak terpolarisasi dihamburkan oleh molekul udara yang berada di atmosfer ketika memasuki atmosfer bumi,lalu sinar dihamburkan oleh molekul-molekul udara sehingga sinar matahari tersebut berwarna kuning ketika masuk ke mata kita. Secara khusus apa yang terjadi di atmosfer kita adalah penyebaran/penghamburan sinar biru dan ungu dengan rentang panjang gelombang yang tinggi sehingga panjang gelombang yang tersisa dari sinar matahari tampak kuning kemerah-merahan.

Dalam pelajaran fisika BAB Cahaya sebagai gelombang dijelaskan sinar putih dari matahari datang menuju bumi sebagai cahaya monokromatis dan setelah melewati atmosfer bumi akan berubah menjadadi cahaya polikromatis yang terdiri dari cahaya Me-Ji-Ku-Hi-Bi-Ni-U dengan panjang gelombang dan frekuensi berbeda-beda,ini pula yang menyebabkan warna dari sinar matahari saat siang dan sore hari berbeda.

Pada pristiwa ini spektrum warna biru-nila-ungu memiliki panjang gelombang lebih pendek dari spekrtum warna merah-jingga-kuning, Akibatnya,ketika matahari terbenam lintasan sinar matahari akan melalui jalur yang lebih panjang pada medium atmosfer bumi sehingga proses penghamburan cahaya merah lebih banyak terjadi yang mengakibatkan semakin terbenamnya matahari warnanya akan semakin memerah. Tetapi,pada siang hari tepat matahari berada diatas kepala kita lintasan sinar matahari akan melalui atmosfer bumi yang lebih pendek sehingga sinar yang lebih banyak terhambur adalah sinar biru dibandingkan sinar lainnya yang mengakibatkan langit menjadi warna biru dan sinar matahari yang ditangkap mata kita berwarna putih kekuningan.

Intinya the true color of sun's adalah putih tetapi mengalami polarisasi hamburan pada atmosfer sehingga warna yang ditangkap oleh mata kita berubah-ubah pada siang dan sore hari.

Oke sekian ulasan mengenai sinar matahari pada tulisan gue hari ini,jika ada tambahan atau kritikan bisa ditaruh pada kolom komentar serta jangan lupa share tulisan ini keteman-teman kalian dan jangan pernah bosan mengunjungi blog sederhana gue ini.

=============================================================================
 Catatan Editor :
            Okeh, sekian materi dari editor semoga berguna bagi teman-teman semua dan jangan lupa share postingan ini keteman kalian. Tinggalkan Komentar pada kolom dibawah jika ada yang perlu ditanyakan. 
            Untuk meambahkan emoji pada kolom komentar dapat mengetik "emot0, emot1, dll" tanpa tanda kutip. Untuk mengetahui jenis emot yang dipakai, tinggal arahkan kursor ke tepat list emoji diatas kolom komentar.  Terimakasih~

=============================================================================

2 comments:

  1. Sinar matahari, bukan cahaya matahari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Postingan telah disunting terimakasih atas masukannya mas chris, emot5

      Delete

emot0 emot1 emot2 emot3 emot4 emot5 emot6 emot7 emot8 emot9 emota0 emota1 emota2 emota3 emota4 emota5 emota6 emota7 emota8 emota9 emotb0 emotb1 emotb2 emotb3 emotb4 emotb5 emotb6 emotb7 emotb8 emotb9 emotc0 emotc1 emotc2 emotc3 emotc4 emotc5 emotc6 emotc7 emotc8 emotc9 emotd0 emotd1 emotd2 emotd3 emotd4 emotd5